Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Madinah

Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Madinah

Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Madinah

Untuk menarik banyak jamaah, biasanya travel umroh Bandung dan sekitarnya menambahkan paket citytours ke kota Madinah. Selain berkunjung ke Masjid Nabawi yang terkenal, jamaah akan diajak bertamu ke berbagai destinasi wisata yang tak kalah menarik serta penuh dengan nilai sejarah. Sebagai informasi, inilah destinasi tour yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Madinah:

1. Makam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Raudhah

Masih berada di Masjid Nabawi, jamaah biasanya berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di sampingnya pun terletak makam kedua shahabat terbaik beliau, yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab. Meski makam tersebut berada di ruangan khusus dan kita tidak boleh memasukinya, rasanya sedikit cukup mengobati kerinduan kita pada sosok-sosok mulia tersebut. Jangan lupa bershalawat pada Rasulullah dan berdoa agar kita diberi syafaat olehnya di Hari Akhir nanti. Aamiin.

Adapun Raudhah merupakan sebuah ruang yang terletak di bagian depan sisi kiri Masjid Nabawi. Tepatnya di antara mimbar dan kamar Rasulullah. Ribuan orang berebut agar dapat beribadah serta bermunajat di Raudhah demi memperoleh rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Raudhah juga dipercaya sebagai salah satu taman surga, berdasarkan hadis Nabi, “Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surga.” (Hr. Bukhari dan Muslim)

2. Jabal Uhud

Gunung yang satu ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan dan jamaah umroh yang ada di Madinah. Namanya begitu terkenal karena Jabal Uhud merupakan saksi bisu sebuah pertempuran dahsyat antara kaum muslimin dan kafir Quraisy. Kita pun akhirnya mengenal pertempuran itu dengan sebutan Perang Uhud.

Sebagai gunung tertinggi di Madinah, Jabal Uhud memiliki tinggi mencapai 1000 meter dari atas permukaan laut. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari Masjid Nabawi. Di tempat ini, jamaah juga dapat berziarah ke kompleks makam para syuhada Perang Uhud, termasuk makam Hamzah bin Abdul Muthalib. Namun, jamaah diimbau agar tidak meminta syafaat pada mereka, mintalah syafaat hanya pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

3. Masjid Quba

Masjid yang berlokasi sekitar 5 km di sebelah tenggara Madinah ini memiliki keistimewaan yang luar biasa. Sebab berdasarkan hadis Nabi riwayat Imam Tirmidzi, siapapun yang mengambil wudhu dari rumahnya, kemudian shalat dua rakaat di dalamnya, maka ia akan mendapat pahala umroh. Tak heran, masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah ini kerap masuk dalam paket umroh Bandung dan paket umroh kota lainnya.

4. Parit Perang Ahzab

Pada tahun 5 Hijriyah, sebanyak 3000 pasukan muslimin pernah bertempur menghadapi 10.000 pasukan gabungan dari pasukan kafir Quraisy, Yahudi, dan suku-suku lain. Atas ide Salman Al-Farisi, kaum muslimin membangun sebuah parit untuk bertahan di Madinah. Parit (Khandaq) tersebut memiliki panjang mencapai 2,5 kilometer dengan kedalaman 3,5 meter dan lebar 4,5 meter. Kini di atas bekas parit tersebut dibangun sebuah masjid bernama Masjid Khamsah. Tepatnya berada sekitar 3 km sebelah barat laut Masjid Nabawi.

5. Jabal Magnet

Jabal Magnet sebetulnya memiliki nama asli Manthaqotul Baido (Tanah Putih). Jutaan manusia mengunjungi tempat ini setiap tahun untuk menyaksikan sebuah fenomena unik. Konon, mobil akan bergerak sendiri di bukit ini meskipun mesinnya dimatikan serta jalanannya menanjak. Hal ini karena pengaruh medan magnet yang sangat kuat di sekitar lokasi.

Sedikitnya inilah destinasi tour yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Madinah. Tentu destinasi ini sebenarnya masih banyak lagi. Kita tidak mungkin melupakan Makam Baqi, Masjid Qiblatain, kompleks Masjid Sab’ah, serta Al-Hejaz Railway Museum. Silakan masukkan destinasi tersebut ke dalam paket umroh Bandung Anda. Kemudian rasakanlah pengalaman umroh yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *