Memilih Travel Umroh Sunnah Sesuai dengan Manhaj Salaf di Jakarta

Memilih Travel Umroh Sunnah Sesuai dengan Manhaj Salaf di Jakarta

Memilih Travel Umroh Sunnah Sesuai dengan Manhaj Salaf di Jakarta

Memilih travel umroh sunnah sesuai dengan manhaj salaf di Jakarta merupakan dambaan setiap orang. Sebab dalam beribadah, kita diwajibkan ikhlas serta mengikuti tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila kedua syarat tersebut tidak terpenuhi, bisa-bisa ibadah kita tidak diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika ibadah umroh yang mengeluarkan banyak biaya ternyata menjadi sia-sia, tentu sayang sekali bukan?

Dalam memilih travel umroh sunnah sesuai dengan manhaj salaf di Jakarta, perhatikanlah sejak proses pendaftaran dan ketika prosesi umroh berlangsung. Pastikan seluruhnya sesuai dengan aturan Al-Quran dan As-Sunnah.

Pilihlah travel umroh Jakarta yang menawarkan sistem pembayaran wajar. Biaya umroh normal umumnya antara 20 hingga 30 juta rupiah. Apabila di bawah harga tersebut, cermatilah paket yang ditawarkan dan sistem pembayarannya.

Sebab ada sebagian travel umroh yang akhirnya menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM). Mereka menawarkan jamaah biaya umroh Jakarta yang sangat murah. Namun, jamaah diminta merekrut jamaah baru untuk mendapatkan bonus sekaligus menutupi kekurangan pembayaran. Apabila ada seorang jamaah baru yang berhasil direkrut, kemudian ia berhasil merekrut jamaah baru lainnya, maka jamaah pertama akan memperoleh bonus lagi. Begitu seterusnya. Praktik semacam ini merupakan sistem yang dilarang dalam Islam.

Sebagian travel umroh Jakarta lain malah menerapkan pola Money Game. Mereka menetapkan biaya yang sangat murah kepada jamaah dengan jarak keberangkatan dan pelunasan pembayaran terlampau jauh. Padahal biaya yang sangat murah itu sebetulnya tidak mencukupi. Pihak travel menggunakan uang jamaah baru untuk menutupi kekurangan biaya jamaah yang lama. Alhasil, ada kemungkinan besar jamaah gagal berangkat umroh apabila pihak travel tidak memperoleh jamaah baru.

Praktik sejenis itu jelas tidak sesuai sunnah dan jauh dari manhaj salaf. Inilah yang terjadi pada First Travel yang belakangan terbongkar modusnya.

Setelah proses pendaftaran dipastikan sesuai sunnah, selanjutnya ialah memerhatikan jalannya ibadah inti umroh.

Pada dasarnya, ibadah inti umroh terbagi dalam empat tahap: berihram dari miqat, tawaf mengelilingi Ka’bah, Sai bolak-balik dari Shafa ke Marwah, dan Tahallul. Semuanya harus sesuai sunnah yang dipraktikkan oleh para ulama salaf.

Berihram haruslah di miqat-miqat yang telah disebutkan oleh Rasulullah dalam hadisnya. Saat berihram, ucapkanlah, “Labbaik ‘umroh (aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umroh)”.

Pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak. Sedangkan bagi wanita hendaknya memakai pakaian yang telah disyariatkan untuk menutupi seluruh tubuhnya. Namun tidak dibenarkan memakai cadar (penutup wajah) dan sarung tangan.

Setelah itu, perbanyaklah membaca kalimat talbiah, “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wa mulk, laa syariika lak (Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu aku menjawab panggilan-Mu, tidak sekutu bagimu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan, dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu)”.

Adapun Tawaf ialah memutari Ka’bah sebanyak 7 kali. Dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula. Disunnahkan berlari-lari kecil pada 3 putara pertama dan berjalan biasa pada 4 putaran terakhir.

Ketika berada di antara Hajar Aswad dan Rukun Yamani, disunnahkan membaca doa, “Rabbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar.”

Tawaf selesai, selanjutnya adalah melakukan Sai dari Shafa ke Marwah bolak-balik sebanyak 7 kali. Disunnahkan berlari-lari kecil dengan cepat. Setibanya Shafa dan Marwah, menghadaplah ke arah kiblat. Lalu bertakbir, membaca zikir, dan berdoa apa pun yang diinginkan.

Sai pun usai, terakhir jamaah diharuskan melaksanakan Tahallul. Yakni memendekkan rambut atau mencukur gundul sekalian agar lebih afdhal (utama). Adapun bagi wanita, cukup memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari.

Berakhirlah ibadah umroh Anda yang sesuai sunnah. Apabila pihak travel umroh menjelaskan manasik umroh seperti itu, hampir bisa dipastikan travel umroh Jakarta tersebut sesuai sunnah yang diajarkan para ulama salaf. Hindari travel umroh yang mengajarkan doa-doa khusus serta perbuatan yang tidak dicontohkan sama sekali oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *