Review Akihabara: Surganya Para Otaku dan Pencinta Elektronik

Review Akihabara: Surganya Para Otaku dan Pencinta Elektronik

Review Akihabara: Surganya Para Otaku dan Pencinta Elektronik

Kalau sedang Tour ke Jepang, tempat yang satu ini kayaknya wajib ada di daftar paket liburan Anda. Betapa tidak? Setiap hari banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menjejaki langkah di kawasan perbelanjaan ini.

Akihabara atau biasa disebut Akiba bahkan semakin semarak saat malam tiba. Gemerlap lampu dan hiburan malam yang ditawarkannya memaksa siapa pun untuk segera ke luar rumah.

Memang ada apa sih di sana?

Kawasan Akihabara dikenal sebagai pusatnya barang-barang eletronik. Mulai dari kamera, telepon genggam (handphone), televisi, radio, hingga beragam aksesoris lain yang jarang ditemukan. Semuanya ada. Lengkap, berkualitas, serta paling up-to-date.

Ratusan pertokoan yang berjejer di Chuo Dori Street (jalan utama) pun siap memberikan harga miring bagi para pengunjung. Tersedia pula konter bebas pajak dan layanan kartu kredit. Dijamin biaya wisata Anda tidak akan membengkak.

Selain itu, para wisatawan juga menyukai tempat ini karena banyak pegawai toko yang memiliki kemampuan multibahasa. Terutama bahasa Inggris. Anda bisa bebas menyebutkan barang elektronik apa yang sedang dicari, bagaimana spesifikasinya, dan berapa kisaran harganya. Para pegawai tersebut dengan sigap akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan Anda.

Di antara toko-toko yang menjamur, ada satu toko kelas dunia yang sangat menarik perhatian. Yodobashi Camera namanya.

Sejak berdiri pada tahun 2005, Yodobashi ramai dibanjiri wisatawan asing sehingga menjadi salah satu ikon penting Akiba. Luas bangunannya mencapai 6 ribu meter persegi, 9 lantai ke atas dan 6 lantai ke bawah.

Bukan hanya kamera, berbagai peralatan elektronik juga dijual di sini. Yodobashi pun menyediakan pusat game, kafe, dan toko makanan lainnya. Mau belanja, bermain, dan makan, semuanya bisa.

Akiba juga terkenal sebagai rumah bagi para otaku (pencinta animasi dan komik Jepang). Di sini, Anda bisa dengan mudah menemukan koleksi manga terbaru, anime, video game, action figure, dan merchandise dari karakter favorit. Ada juga loh toko yang menyediakan layanan berfoto bersama cosplayer.

Dengan budaya yang kental seperti itu, tak heran banyak orang menyebut Akihabara sebagai surga bagi para otaku.

Jika berminat, Anda bisa menyambangi Kompleks Pertokoan Mandarake atau Toko Don Quijote. Banyak souvenir jejepangan yang bisa Anda dapatkan, terutama yang berkaitan dengan otaku. Harganya pun relatif murah. Lumayan dijadikan oleh-oleh selepas travel ke Jepang.

Saking banyaknya barang yang dijual, kedua toko tersebut sampai mengategorikan produk yang dijual di setiap lantai.

Misalnya di Mandarake, mereka menempatkan berbagai produk khas Jepang di lantai satu. Sedangkan lantai dua dipenuhi dengan produk berbau anime, mulai dari animation cel, storyboard, naskah, boneka, hingga peralatan cosplay (dandanan layaknya tokoh dalam animasi).

Bagi Anda yang ingin memburu komik terbaru maupun yang sudah langka, bisa naik ke lantai tiga, empat, dan lima. Adapun lantai enam menyediakan berbagai CD, DVD, dan video game. Sementara itu, lantai tujuh dan delapan diisi beragam mainan serta action figure.

Sementara itu di Don Quijote, terutama lantai dua, terdapat berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Lantai tiganya dipasang beraneka produk fashion, mainan, serta aksesoris mobil dan motor. Lantai empatnya untuk elektronik serta barang bermerek lainnya. Dan di lantai lima, Anda seakan menemukan sebuah Museum Cosplay.

Masih di gedung yang sama, meski bukan bagian dari Don Quijote, terdapat game centre “Tokyo Treasure Land” di lantai enam dan tujuh. Adapun lantai delapan merupakan lokasi Teater AKB, yaitu tempat yang biasa dipakai idol group AKB48 untuk melakukan pertunjukan.

Untuk mengunjungi Akihabara cukup mudah. Hanya memakan waktu 5 menit naik kereta dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Akihabara.

Berjelajah di tempat ini sangat pas untuk mengenal kehidupan malam khas Jepang. Restoran, maid cafe, dan gedung-gedung pencakar langit Akiba siap memberikan pengalaman yang tak terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *