Jelajah Kawaguchiko: Tempat Wisata Terbaik di Kaki Gunung Fuji

Jelajah Kawaguchiko: Tempat Wisata Terbaik di Kaki Gunung Fuji

Jelajah Kawaguchiko: Tempat Wisata Terbaik di Kaki Gunung Fuji

 

Gunung Fuji memang sebuah ikon wisata yang begitu mengesankan. Setidaknya hal ini terbukti dari jutaan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berniat menjejakinya setiap tahun.

Fujiyama semakin mengagumkan karena gunung ini dikelilingi lima danau (Fuji-Goko) yang tak kalah indah. Bak ratu yang dijaga oleh lima ksatria terbaiknya. Kelima danau tersebut ialah Danau Sai (Saiko), Danau Yamanaka (Yamanakako), Shojiko, Motsuko, dan yang paling terkenal: Danau Kawaguchi (Kawaguchiko).

Kawaguchiko memiliki luas yang paling besar kedua di antara lima Fuji-Goko. Hanya berada satu peringkat di bawah Yamanakako. Posisinya pun paling rendah dibandingkan danau lainnya, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, danau ini memiliki garis tepi yang paling panjang.

Banyak orang menyukai Kawaguchiko karena dari tempat ini pengunjung bisa bebas menatap pesona Gunung Fuji. Bahkan seolah-seolah Anda dapat menyaksikan Fujiyama terbalik melalui bayangan gunung yang terpantul di permukaan danau nan jernih. Fenomena ini biasa disebut Sakasa-Fuji.

Tapi jangan melihatnya sambil bengong saja, ya. Hehe.

Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan sembari memancing ikan di tepi danau, loh. Nggak perlu repot-repot membawa kail dan pancingan. Cukup membayar 1000 yen, Anda sudah dipinjami alat dan bebas mencari ikan di Kawaguchiko.

Berkeliling di pinggir danau dengan berjalan kaki pun tak kalah mengasyikkan. Semilir angin yang bertiup dari pepohonan rindang memaksa Anda untuk berlama-lama di tempat ini. Apalagi ketika tiba waktunya sunset atau sunrise. Kawasan Fuji-Kawaguchiko akan terlihat semakin cantik.

Anda juga dapat memilih naik kapal feri untuk menyusuri tenangnya air Kawaguchiko. Kapal wisata Ensoleille berangkat setiap 30 menit dengan durasi perjalanan 20 menit. Kapal ini bisa dituju dengan berjalan kaki ke arah pelabuhan di 4034 Funatsu. Untuk menaikinya, dikenakan tarif 930 yen untuk orang dewasa dan 470 yen untuk anak-anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menjelajahi Kawaguchiko?

Waktu kapan pun tepat! Hanya saja danau ini menawarkan sesuatu yang berbeda-beda, tergantung musimnya. Mau musim semi, panas, dingin, atau gugur, semuanya adalah waktu terbaik bagi tour ke Jepang Anda.

Saat musim semi, Kawaguchiko Music Forest (Hutan Musik Kawaguchiko) adalah lokasi menarik untuk hanami. Nikmati masa-masa romantis Anda bersama pasangan sambil menikmati keindahan bunga sakura. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.30 – 17.30 dengan biaya masuk 1500 yen.

Di musim panas, Fuji-Kawaguchiko makin mempesona oleh adanya Herb Festival. Festival yang diadakan dari bulan Juni hingga Juli itu menampilkan bunga-bunga lavender berwarna ungu merona. Mereka bermekaran di dua lokasi berbeda, Yagizaki Park di sebelah selatan dan Oishi Park di utara Danau Kawaguchi. Momentum yang wajib diabadikan dengan lensa kamera Anda.

Kawasan Danau Kawaguchi juga kian semarak dengan kehadiran Hanabi Festival. Acara ini menampilkan ribuan kembang api berskala besar yang mengeluarkan suara menggelegar. Bersiaplah terpukau pula dengan paduan sinkronisasi cahaya dan harmoni musik yang luar biasa.

Hanabi Festival biasa diadakan selama dua hari di bulan Agustus. Kilauan kembang api tersebut dapat Anda saksikan sejak pukul 8 malam.

Tak hanya saat musim panas, Kawaguchiko juga kerap menyelenggarakan Hanabi Festival kala musim dingin. Biasanya pada bulan Januari hingga Februari. Udara musim dingin yang kering membuat cahaya kembang api makin terlihat jelas dan benderang.

Yang tak kalah mengundang perhatian ialah Festival Momiji di musim gugur. Dedaunan maple yang berubah warna menjadi merah seolah sengaja memamerkan dirinya kepada para pengunjung. Berlokasi di Momiji Kairo, Anda dapat mencapainya dengan naik Retro Bus dari Kawaguchiko.

Mau coba cari lain menikmati pemandangan kawasan Fuji-Kawaguchiko?

Yuk, naik kereta Ropeway Kachi-Kachi Yama. Dari atas ketinggian 1075 meter, panorama Gunung Fuji makin tampak sempurna. Buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.30, Kereta Ropeway menetapkan tarif 800 yen untuk pergi-pulang dan 450 yen untuk sekali perjalanan.

Sayangnya kalau cuaca sedang mendung, Fujiyama menjadi tidak terlalu kelihatan. Tapi tenang. Nggak perlu kecewa.

Dari atas Kachi-Kachi, Anda tetap bisa memilih aktivitas lain, misalnya belanja souvenir dan oleh-oleh. Boleh juga besantai sejenak sembari menyeruput segelas Ocha dan menyicipi Tanuki Dango. Sejenis jajanan ringan khas tempat ini. Rasanya? Hmm, manis dan yummy!

Lepaskan juga lelah Anda dengan mampir ke hotel-hotel di sekitar danau atau berendam di onsen yang langsung menghadap ke Gunung Fuji. Onsen jenis ini cuma ada satu-satunya di Jepang, loh. Jaraknya hanya 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kawaguchiko.

Alasan lain kenapa banyak orang menyukai Kawaguchiko adalah karena aksesnya yang mudah. Sekadar tips wisata, Anda dapat mencapai tempat ini dengan kereta, turun di Stasiun Kawaguchiko. Bisa pula naik bus yang langsung menuju Kawaguchiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *