Mau Tour ke Jepang? Simak Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Mau Tour ke Jepang? Simak Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Mau Tour ke Jepang? Simak Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Mau pergi ke mana liburan kali ini? Ah, cobalah ke Jepang. Bergabunglah dengan ratusan ribu wisatawan asal Indonesia lainnya yang berkunjung ke negara tersebut setiap tahun. Kemudian temukanlah keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai destinasi wisata sarat nilai sejarah. Nikmati pula keseruan bermain di bermacam-macam taman rekreasi serta pusat belanja nan memanjakan mata. Jangan lewatkan pula kuliner-kuliner khas negeri sakura, seperti sushi, onigiri, bento, takoyaki, dan masih banyak lagi.

Nah, sebelum Anda berangkat Tour ke Jepang, simak dahulu langkah-langkahnya berikut ini!

1. SIAPKAN ITINERARY

Tentukan berapa lama Anda berwisata ke Jepang dan destinasi wisata mana saja yang akan dituju. Dari daftar itinerary ini, Anda selanjutnya dapat menentukan daftar penginapan yang akan dipakai sebagai tempat beristirahat serta transportasi yang hendak digunakan. Dan pastinya dari itu semua, Anda bisa menghitung berapa biaya yang dibutuhkan. Tambahkan pula dengan biaya makan dan membeli oleh-oleh.

Sebagai tips wisata, pesanlah JR Pass sebelum berangkat. Dengan kartu ini, beberapa alat transportasi di Jepang bisa Anda nikmati dengan harga yang lebih murah. Pembuatannya dikenakan biaya sekitar 3,5 jutaan.

Jangan lupa pula pertimbangkan prakiraan cuaca dan musim apa yang sedang berlaku di Jepang. Hari kunjungan pun perlu diperhatikan juga. Jika di Jepang sedang ada libur panjang semacam Golden Week, bersiap-siap saja banyak lokasi wisata yang akan disesaki pengunjung.

2. PESAN TIKET PESAWAT

Setelah menyusun itinerary dan menetapkan tanggal kunjungan, segeralah memesan tiket pesawat. Kalau mau lebih hemat, carilah yang sedang promo semisal program Low Cost dari Air Asia. Risikonya, hari kunjungan Anda juga harus disesuaikan dengan tanggal promo tersebut berlaku. Selain itu, terkadang ada proses transit yang bagi sebagian orang cukup merepotkan. Harga tiket pesawat ke Jepang berkisar antara 5-7 juta rupiah.

3. URUS VISA

Bagi Anda yang telah memiliki e-passport, sebetulnya tidak perlu mengurus visa lagi. Sebab Jepang telah membebaskan visa kunjungan.

Tapi bagi yang belum, buatlah visa ke Kedubes Jepang di wilayah yuridiksi masing-masing. Selain di Jakarta, kantor Konsuler Jepang juga ada di Makassar, Surabaya, Medan, dan Denpasar.

Jenis-jenis visa ini beragam, tergantung tujuan Anda ke negeri sakura untuk apa. Kalau sekadar jalan-jalan sendiri, tanpa travel agent, pilihlah jenis Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pembuatan visa, antara lain: paspor, formulir permohonan visa, fotokopi KTP, bukti pemesanan tiket, jadwal perjalanan (itinerary), serta dokumen lain yang berkaitan dengan biaya perjalanan seperti buku rekening tabungan 3 bulan terakhir.

Proses pembuatan visa ke Jepang cukup mudah. Waktunya pun singkat, biasanya hanya 4 hari. Per 1 April 2017, pembuatan visa dikenakan biaya sebesar 370 ribu rupiah. Info lengkap mengenai proses pembuatan visa ini dapat Anda lihat di situs www.id.emb-japan.go.jp/visa.html.

4. BARANG BAWAAN

Setelah semuanya beres, Anda tinggal selangkah lagi untuk travel ke Jepang. Sekarang siapkan barang-barang yang hanya BENAR-BENAR Anda butuhkan. Misalnya pakaian dan sepatu, sesuaikanlah dengan musim di Jepang. Peralatan mandi tidak perlu dibawa, sebab biasanya penginapan di sana telah menyediakannya gratis.

Jangan lupa pula membawa obat-obatan pribadi. Selain itu, tukarkanlah uang rupiah Anda dengan mata uang yen. Transaksi di Jepang banyak dilakukan secara tunai, loh. Kartu kredit kerap hanya dipakai di hotel atau pusat perbelanjaan besar.

Terkait gadget, cukup bawa smartphone atau tablet tanpa kartu SIM. Toh SIM Card Anda juga tidak akan bisa dipakai. Untuk berkomunikasi atau mencari informasi, manfaatkanlah jaringan free Wi-Fi yang tersebar di berbagai tempat. Install dulu aplikasi Japan Wi-Fi agar bisa mengaksesnya, ya.

Agar lebih mudah, Anda bisa menyewa pocket Wi-Fi. Dengan biaya sewa 800 ribu rupiah per 2 minggu, Anda sudah bisa menikmati akses Wi-Fi kapan pun dan di mana pun.

Seluruh langkah-langkah telah selesai dilakukan. Berarti Anda sudah siap pergi ke Jepang, dong? Selamat jalan dan selamat mendapatkan pengalaman indah yang tak terlupakan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *