Eksplorasi Tokyo Disneyland : Taman Bermain Paling Sering Dikunjungi di Jepang

Eksplorasi Tokyo Disneyland : Taman Bermain Paling Sering Dikunjungi di Jepang

Eksplorasi Tokyo Disneyland:
Taman Bermain Paling Sering Dikunjungi di Jepang

Mau pergi ke mana saat tour ke Jepang? Ah, sepertinya Anda nggak perlu bingung. Negeri berlambang matahari terbit ini menyediakan banyak sekali ikon wisata. Ada Gunung Fuji, Kuil Sensoji, Tokyo Tower, dan tak kalah menarik: Tokyo Disneyland.

Tempat rekreasi ini merupakan disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat. Lokasinya berada di dalam Tokyo Disney Resort, bersebelahan dengan Tokyo DisneySea. Terletak di bagian barat laut Chiba, Tokyo Disneyland memiliki luas mencapai 465 ribu meter persegi.

Meski harga tiketnya lumayan mahal, namun tak sedikit pun menyurutkan animo wisatawan lokal maupun mancanegara. Setidaknya 50 ribu pengunjung memadati Tokyo Disneyland setiap hari. Jumlah ini bisa terus bertambah ketika musim libur tiba.

Sebagaimana di negara-negara lain, Disneyland di Tokyo juga terdiri dari tujuh area utama. Ada World Bazaar, Adventureland, Westernland, Critter Country, Fantasyland, Toontown, dan Tomorrowland.

Setiap area memiliki aneka wahana permainan dengan ciri khas masing-masing. Misalnya area Adventureland banyak dipenuhi wahana yang berkaitan dengan alam, seperti sungai, hutan, laut, dan pepohonan. Sedangkan wahana-wahana di Toontown ibarat surga bagi anak kecil dan balita.

Jangan lewatkan pula bertemu dan berfoto bersama tokoh-tokoh Disney semisal Mickey Mouse, Donald Duck, dan Daisy Duck.

Selain itu, Tokyo Disneyland juga siap memanjakan setiap pengunjung dengan berbagai parade seru.

Salah satu parade yang terkenal ialah Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights. Bersiaplah menyaksikan berbagai kendaraan hias yang gemerlap oleh lampu berwarna-warni. Para bintang Disney pun tak ketinggalan saling berlomba menyapa para pengunjung.

Lokasinya yang strategis, membuat akses ke tempat ini sangat mudah. Dari Stasiun Tokyo, Anda bisa naik kereta JR Keiyo Line atau JR Musashino Line. Kemudian turun di Stasiun Maihama. Atau naik shuttle bus yang langsung menuju Tokyo Disney Resort.

Dari Stasiun Maihama, tersedia kereta Disney Resort Line yang menghubungkan ke Tokyo Disneyland, Tokyo DisneySea, dan Stasiun Bayside.

Harga tiket masuk ke Tokyo Disneyland terbagi dalam 1-Day Passport, 2-Day Passport, 3-Day Magic Passport, dan 4-Day Magic Passport.

Harga 1-Day Passport berkisar dari 4.800 sampai 7.400 yen, tergantung usia. Sedangkan tiket 2-Day Passport dihargai 8.600 hingga 13.200 yen. Kalau Anda ingin pergi ke Tokyo DisneySea juga, lebih baik sekalian beli yang 2-Day Passport. Karena kalau beli 1-Day Passport sebanyak 2 kali, tentu harganya jadi lebih mahal.

Kedua jenis tiket tersebut memberikan aturan bahwa Anda hanya dapat menikmati salah satu di antara Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea dalam satu hari. Apabila Anda ingin bebas keluar-masuk di dua taman rekreasi itu, belilah tiket 3-Day Magic Passport atau 4-Day Magic Passport.

Info lengkap mengenai deskripsi wahana, jadwal parade, serta harga tiket, silakan kunjungi situs resminya di tokyodisneyresort.jp.

Nah, sebelum Anda berkunjung, sebaiknya perhatikanlah beberapa tips wisata berikut:

1. DATANGLAH PAGI-PAGI SEKALI

Tokyo Disneyland buka jam 9 pada hari biasa dan jam 8 di akhir pekan. Agar tidak menyesal, datanglah kurang lebih 1 jam sebelum waktu buka tersebut. Sebab kalau telat sedikit, dipastikan Anda akan terjebak pada antrean yang sangat panjang. Apalagi jika datang siang, bersiaplah mengelus dada karena tidak sempat menikmati sejumlah wahana favorit.

Agar lebih mudah, pilihlah penginapan yang lokasinya tidak jauh. Misal di Tokyo Maihama Bay Hotel Resort Club yang masih berada satu komplek dengan Tokyo Disneyland. Selain itu, pastikan prakiraan cuaca juga, ya. Beberapa wahana biasanya akan ditutup bila terjadi hujan.

2. BELI TIKET ONLINE

Buang waktu mengantre pembelian tiket dengan membelinya secara online. Bisa di situs resminya langsung atau melalui agen perjalanan. Setelah melakukan pembayaran, pihak Disney akan mengirimkan file pdf ke email Anda. Cetak tiket tersebut di kertas A4 dan lipat sesuai petunjuk yang tertera. Sesampainya di lokasi, Anda dapat langsung menuju pintu masuk dan scan barcode yang ada di tiket itu.

3. FASTPASS

Ada beberapa wahana yang menjadi favorit para pengunjung. Misalnya Monsters, Inc. Ride & Go Seek, Buzz Lightyear’s Astro Blasters, dan Star Tours: The Adventures Continue. Anda tahu berapa waktu yang diperlukan untuk mengantre di wahana tersebut? Bisa 3-4 jam!

Oleh karena itu, pihak Disney menyediakan Fastpass. Dengan tiket Fastpass, Anda tidak perlu mengantre di pintu reguler. Tetapi di pintu khusus pemegang Fastpass. Tidak semua wahana bisa menggunakan tiket ini, biasanya hanya wahana-wahana favorit.

Untuk mendapatkannya, ceklah jadwal Fastpass dan lama waktu menunggu yang biasanya terletak di pintu masuk wahana. Scan barcode tiket masuk Anda di mesin Fastpass. Simpan tiket itu baik-baik. Jadwal kapan Anda dapat menikmati wahana tersebut dengan Fastpass, tertera di bagian bawah tiket Fastpass. Tiket ini dikeluarkan melalui mesin Fastpass setiap 1 jam sekali.

4. MAKAN-MINUM

Harga sebotol air minum kemasan 600 ml di tempat ini dijual seharga 500 yen. Mahal, ya? Sebab itu sebaiknya Anda membawa cukup membawa botol air minum, lalu re-fill di dalam lokasi.

Sebelum waktu makan tiba, cobalah memesan tempat sekitar 2-3 jam sebelumnya agar tidak perlu mengantre. Sebab antrean untuk membeli makanan bisa mencapai 15-30 menit. Bahkan 1-2 jam ketika makan malam. Restoran yang menyediakan layanan reservasi antara lain Eastside Cefe, Restoran Hokusai, dan Restoran Blue Bayou.

Biasanya para wisatawa mancanegara menyiasati hal ini dengan membeli hotdog, burger, atau popcorn. Makanan-makanan tersebut bisa disantap sambil berjalan atau mengantre menuju pintu masuk wahana. Harganya berkisar antara 700 sampai 1000 yen. Sedangkan untuk makanan berat seperti steak dihargai 2.000 sampai 5.000 yen.

Mau cari yang lebih murah dan halal? Bawa saja bento sebelum berangkat. Harganya hanya 300-500 yen.

5. PASS MALAM

Untuk bergabung dengan parade dan pertunjukan malam, Anda dapat membeli tiket Pass Malam. Ada Starlight Pass dan After 6 Pass.

Starlight Pass dijual dengan harga 3.500 sampai 5.400 yen. Tiket ini berlaku mulai pukul 15.00 pada hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional. Sedangkan After 6 Pass berlaku mulai pukul 18.00 pada hari kerja dengan harga tiket 4.200 yen untuk semua usia.

Tips lainnya, belilah oleh-oleh pada siang hari. Jika Anda membelinya menjelang malam, dipastikan lagi-lagi Anda akan terjebak dalam antrean yang mengular. Selain itu, ingatlah untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri. Cuaca panas dan lari-lari kecil demi mengejar antrean tentunya membuat tubuh lelah. Tetaplah jaga kesehatan. Nggak mau kan pulang berlibur malah sakit? Padahal masih banyak tempat wisata di Jepang yang belum dijejaki. Hehe.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *