10 Lokasi Terbaik di Akihabara

10 Lokasi Terbaik di Akihabara

10 Lokasi Terbaik di Akihabara

Bagi Pencinta Gadget dan Anime

Hai, traveller! Mau Tour ke Jepang, ya? Sudah buat itinerarinya? Buat Anda traveller yang suka banget sama gadget dan semua hal berbau anime (animasi Jepang), tempat yang satu ini layak dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Terletak di daratan Tokyo, Akihabara menawarkan diri sebagai pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Jepang. Berbagai gadget terbaru dengan harga miring bisa Anda temukan di tempat ini.

Selain itu, Akiba—begitu biasa orang menyebutnya—juga dikenal sebagai surga bagi para otaku. Yakni, orang-orang yang tergila-gila manga (komik Jepang), anime, hingga video game.

Kalau Anda adalah seorang traveller sekaligus otaku dan pencinta gadget sejati, 10 lokasi terbaik di Akhibara berikut sayang untuk dilewatkan!

1. YODOBASHI CAMERA

Nggak perlu celingak-celinguk mencari toko ini di Akiba. Gedung setinggi 15 lantai (9 lantai di atas, 6 lantai di bawah tanah) dan seluas 6000 meter persegi tersebut pasti akan menarik perhatian siapa pun.

Sejak berdiri pada tahun 2005, Yodobashi Camera telah menjadi pusat elektronik terbesar di Jepang. Bahkan namanya menggaung di telinga para wisatawan mancanegara.

Di sini, tersedia berbagai alat elektronik paling mutakhir. Ada peralatan masak, mandi, alat musik, alat kesehatan, jam tangan, lampu LED, smartphone, laptop, dan tentu saja kamera. Kalau mau nanya harga, nggak perlu bingung. Sebab para penjaga toko telah dilatih untuk mampu berbahasa Inggris, Korea, atau China. Selain itu, jangan lupa tunjukkan paspor biar bisa mendapatkan potongan harga. Asyik, kan?

Yodobashi buka setiap hari dari pukul 9.30 siang hingga 10 malam. Sedangkan bagian restorannya buka mulai jam 11 siang sampai 11.30 malam.

2. LAOX

Gedung yang satu ini diisi oleh empat toko, termasuk toko utamanya. Adapun tiga toko lainnya, yakni: Pocket Plus One yang menyediakan mobile gadget, Musicvox yang spesialis di bidang alat musik, serta Asobitcity yang menjual peralatan game. Semua barang yang dijual bebas pajak, loh. Apalagi buat para turis asing. Anda bisa mengunjungi Laox mulai pukul 10 siang hingga 7 malam.

 

3. SOFMAP

Selain toko utama, di Sofmap juga terdapat 11 toko elektronik lain. Sebagian besar menjual barang-barang, seperti video game, komputer, kamera, dan perangkat lunak (software). Sofmap mulai beroperasi dari jam 11 siang sampai 9 malam.

4. KOLOSEUM SURECHIGAI

Lokasi yang satu ini lebih tepat disebut area khusus bagi para maniak games. Anda akan melihat pemandangan aneh berupa sekelompok orang yang duduk atau berdiri sambil menunduk ke bawah. Mereka saling bertarung dalam video game, seperti Nintendo DS atau Nintendo 3DS.

5. TORANOANA

Apabila Anda ingin mencari Doujin terbaru, majalah, komik, atau novel, di sinilah tempatnya. Doujin itu sebetulnya sama dengan Manga, komik ala Jepang. Hanya saja, Doujin dibuat oleh para fans yang mengambil inspirasi dari manga, lalu diubah jalan ceritanya menjadi sedikit berbeda. Kualitasnya nggak kalah loh dengan manga asli. Banyak juga para mangaka (penulis manga) yang mengawali karirnya sebagai pembuat Doujin.

6. ANIMATE SHOP

Dari namanya, Anda sudah tahu ini tempat apa, dong? Animate merupakan salah satu toko terbaik untuk mencari barang-barang berbau anime. Toko setinggi 8 lantai ini, hanya berjarak 3-5 menit berjalan kaki dari Toranoana. Buka setiap hari sejak pukul 10 pagi hingga 8 malam.

7. KOTOBUKIYA

Di mana tempat favorit untuk mencari barang-barang seputar anime dan manga di Akihabara? Kotobukiya jawabannya. Bermacam-macam barang, seperti bantal, gantungan kunci, kaos, kostum anime, action figure, poster, hingga CD dan DVD berjajar di sana-sini. Kalau Anda bukan otaku, berbagai merchandise tersebut juga bisa loh dijadikan oleh-oleh. Kotobukiya buka jam 10 siang dan tutup pada jam 10 malam.

8. GUNDAM CAFE

Buat para penggemar gundam, yuk sini merapat. Selain kuliner, kafe ini juga menampilkan berbagai figure gundam yang disusun secara apik. Poster dan label gundam pun tak ketinggalan. Bahkan ada roti dan makanan yang dicetak sesuai bentuk gundam. Kawaii!

Kafe ini buka dari jam 10 siang hingga jam 11 malam pada weekdays. Sedangkan pada hari Sabtu buka sejak 8.30 siang sampai 11 malam. Di hari Minggu atau hari libur, Gundam Cafe beroperasi dari jam 8.30 siang hingga 9.30 malam.

 

9. DON QUIJOTE

Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke toko yang satu ini. Don Quijote menawarkan berbagai cinderamata khas jejepangan dengan harga yang murah, loh. Barang elektronik ada, barang berbau anime pun ada. Bahkan ada satu lantai yang layak disebut sebagai Museum Cosplay, saking banyaknya pernak-pernik cosplay (costume player) yang dijual di tempat itu. Yang spesial, di lantai paling atas terdapat Teater AKB. Kesempatan bagi Anda untuk melihat pertunjukan idol group ternama, AKB48.

10. MANDARAKE

Toko ini tidak jauh berbeda dengan Don Quijote. Beragam souvenir khas negeri sakura memenuhi lantai-lantai Mandarake. Mau cari DVD anime, action figure, komik, manga, dan apa pun yang berkaitan dengan otaku, semuanya tersedia.

Meski Akiba disesaki berbagai hal mengesankan, tetap jaga dompet Anda, ya. Jangan sampai kalap. Sesuaikan dengan biaya wisata Anda. Nggak mau kan lelah-lelah travel ke Jepang, tapi malah nggak bisa balik ke tanah air?! Hehe.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *