Mau Tour ke Jepang? Persiapkan Dulu 10 Hal Ini!

Mau Tour ke Jepang? Persiapkan Dulu 10 Hal Ini!

Wisata yang menyenangkan merupakan dambaan setiap orang. Anda tentu tidak mau jalan-jalan jadi berantakan hanya karena perkara sepele. Sebab itu, persiapan yang baik mutlak dilakukan sebelum pergi ke mana pun, termasuk travel ke Jepang.

Setidaknya ada 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum berangkat ke negeri matahari terbit tersebut. Jangan lupa mengeceknya, ya!

KONDISI CUACA

1. KONDISI CUACA

Berbeda dengan Indonesia, negeri sakura memiliki empat jenis musim. Perbedaan kondisi cuaca ini tentunya bisa berpengaruh bagi kesehatan Anda. Nah, sebelum berangkat, sebaiknya perhatikanlah musim dan prakiraan cuaca yang akan terjadi di Jepang. Anda dapat melihat informasinya melalui situs www.accuweather.com/en/jp/japan-weather.

TANGGAL TERBAIK

2. TANGGAL TERBAIK

Menentukan hari dan tanggal penting juga untuk Anda lakukan. Apalagi jika Anda ingin ikut hadir dalam festival-festival tertentu. Misalnya festival Hanami pada akhir Maret hingga awal April (musim semi), Festival Salju Sapporo di awal Februari, atau Tango no Sekku (Hari Anak-Anak) yang dirayakan setiap tanggal 5 Mei.

RENCANA PERJALANAN

3. RENCANA PERJALANAN

Selain memudahkan kita saat di Jepang nanti, rencana perjalanan juga dibutuhkan ketika Anda hendak mengurus visa. Tentukanlah berapa lama Anda di sana? Destinasi wisata mana saja yang hendak Anda tuju? Di mana letaknya? Bagaimana transportasinya? Riset yang lengkap tentu akan membuat paket liburan Anda di Jepang semakin nyaman dan menyenangkan.

HOTEL

4. HOTEL

Inilah pentingnya menentukan tujuan wisata. Anda bisa lebih mudah mencari dan memilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata tersebut. Kalau biaya wisata ke Jepang pas-pasan, tidak ada salahnya mencari penginapan yang murah.

Kalau mau yang unik, cobalah Capsule Hotel di Tokyo. Ukurannya yang kecil cocok bagi Anda yang hanya ingin singgah dan beristirahat untuk bersiap kembali melanjutkan perjalanan.

PASPOR dan VISA

5. PASPOR dan VISA

Pastikan paspor Anda masih berlaku. Memperpanjangnya sebelum berangkat merupakan pilihan yang lebih baik.

Soal visa, bukankah masuk Jepang sekarang bebas visa? Iya, itu kalau Anda telah mengganti paspor menjadi e-pasport. Nanti Anda akan diberikan visa waiver, yaitu visa kunjungan Jepang selama 15 hari.

Tetapi kalau paspor belum diperbarui, Anda harus mengurus visa di Kedubes Jepang. Prosesnya mudah dan cepat kok, hanya butuh 3-4 hari. Usahakan visa diurus 1 bulan sebelum keberangkatan, ya. Jangan suka dadakan!

TRANSPORTASI DAN TIKET

6. TRANSPORTASI DAN TIKET

Ada beberapa moda transportasi yang bisa Anda gunakan di Jepang nanti. Yang paling terkenal dan sering dipakai ialah kereta. Apalagi kereta di negara tersebut sangat disiplin serta tepat waktu. Dibanding membeli tiket reguler, sebaiknya Anda membeli IC Card agar tidak repot bolak-balik ke loket. Kartu prabayar IC Card mirip kartu Multi-trip saat kita naik Commuter-Line.

Atau yang lebih praktis, buatlah kartu JR Pass. Kartu yang hanya berlaku bagi turis asing ini sangat cocok bagi Anda yang ingin pergi ke banyak tempat dengan biaya yang lebih murah. JR-Pass tidak bisa dibeli di Jepang. Pesanlah di outlet yang tersedia di Indonesia, kemudian tukarkan di Jepang nanti.

KOPER, TAS, PAKAIAN, SEPATU

7. KOPER, TAS, PAKAIAN, SEPATU

Cek tanggal, sudah. Kondisi cuaca, beres. Sekarang saatnya memilih barang yang perlu dibawa selama berwisata. Kalau mau bawa koper, cukup bawa dua saja. Satu koper diisi barang-barang bawaan, yang satu lagi biarkan kosong untuk dipenuhi oleh-oleh dari Jepang nanti.

Jika masih belum cukup juga, bawa saja tas punggung. Sebab beberapa maskapai hanya mengizinkan satu orang membawa dua koper dengan berat total 40-46 kilogram. Tas kecil perlu juga untuk menyimpan dokumen seperti paspor dan visa.

Pilihlah pakaian yang pas dipakai di udara dingin. Jaket atau sweater boleh juga. Kemudian bawalah sepatu yang nyaman dipakai, sebab Anda nanti akan sering berjalan kaki.

Tidak perlu membawa peralatan mandi. Biasanya  penginapan atau hotel di Jepang telah menyediakannya gratis. Kecuali Anda membutuhkan lotion atau kosmetik khusus. Bekal makanan juga jangan dibawa berlebihan. Sekarang sudah banyak kok restoran di Jepang yang menyediakan makanan halal.

OBAT-OBATAN

8. OBAT-OBATAN

Perbedaan musim dan jenis kuliner sangat mungkin mempengaruhi kesehatan Anda. Jadi tidak ada salahnya membawa beberapa obat-obatan ringan. Pasti nggak mau dong travel ke Jepang Anda terganggu gara-gara masalah ini.

Bahkan kalau perlu, sempatkanlah berolahraga selama beberapa waktu sebelum keberangkatan. Jogging sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

GADGET

9. GADGET

Wisata ke salah satu negara termaju dalam bidang teknologi ini sebenarnya cukup bawa smartphone atau tablet saja. Tidak perlu SIM card. Asalkan ada Wi-Fi, beres. Banyak informasi yang bisa Anda peroleh dengan fasilitas internet, semisal petunjuk jalan, peta, tips wisata terbaik, tempat wisata menarik, pusat kuliner, penginapan murah, dan sebagainya.

Apalagi fasilitas free Wi-Fi di Jepang tersebar di berbagai tempat, seperti mall, coffee shop, stasiun kereta, dan masih banyak lagi. Tapi untuk mengaksesnya, jangan lupa install dahulu aplikasi Japan Wi-Fi.

Kalau biaya wisata Anda ke Jepang melimpah, tidak ada salahnya menyewa pocket Wi-Fi. Dengan menyewa 800 ribu rupiah per 2 minggu, Anda sudah bisa mendapatkan akses Wi-Fi di mana pun dan kapan pun.

Kunjungan wisata ke Jepang Anda juga bisa terbantu dengan menginstal aplikasi Tabimori. Di dalamnya, terdapat sejumlah informasi mengenai nilai mata uang, percakapan bahasa Jepang sehari-hari, prakiraan cuaca, informasi darurat, dan info lainnya.

Perlu diingat! Hati-hatilah menggunakan charger. Listrik di Jepang memiliki tegangan 110 V. Berbeda dengan di Indonesia yang tegangannya 220 V. Jadi sebaiknya belilah universal charger yang dapat digunakan di tegangan mana pun.

MATA UANG YEN

10. MATA UANG YEN

Terakhir, jangan lupa tukarkan rupiah Anda dengan mata uang yen untuk digunakan bertransaksi sehari-hari. Persiapkanlah secukupnya. Anda dapat menukarkannya di tempat bernama Daikokuya. Bukan hanya mata uang, Anda bisa menukar segala macam hal di tempat ini. Termasuk voucher hadiah belanja.


Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Tour Jepang? klik di sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *