4 Langkah Praktis Pengajuan dan Pembuatan Visa Jepang

4 Langkah Praktis Pengajuan dan Pembuatan Visa Jepang

Mau nge-trip ke Jepang? Jangan lupa bikin visa, ya. Proses pengajuan dan pembuatan visa Jepang itu mudah, loh. Nggak ribet sama sekali! Cuma butuh sedikit usaha saja. Dan kesabaran mengantre di kantor kedutaan, hehe.

Anda cukup mengikuti 4 langkah praktis berikut. Dijamin visa Jepang Anda akan siap sedia. Apa saja sih Tipe Membuat Visa Jepang nya? yuk simak tips di bawah ini.

Pertama, tips dan cara membuat visa jepang pertama anda harus pastikan jenis visa yang akan dibuat sesuai dengan tujuan kunjungan Anda. Kurang lebih ada 9 jenis visa yang harus Anda pilih:

  1. Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga.
  2. Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga (apabila pengundang adalan WN Jepang yang berdomisili di Indonesia).
  3. Visa kunjungan sementara untuk kunjungan teman.
  4. Visa kunjungan sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri.
  5. Visa kunjungan sementara berkali-kali (wisata).
  6. Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis.
  7. Visa khusus (visa pelajar/bekerja/pelatihan/menetap dalam jangka waktu tertenu).
  8. Visa transit.
  9. Visa single entry untuk tujuan Group Tour bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang diselenggarakan oleh Travel Agent yang ditunjuk.

Bila Anda pergi dengan biaya sendiri, bukan hadiah atau tanggungan siapa pun. Tanpa tour agent. Murni untuk wisata, bukan kuliah, bisnis, atau apa pun. Serta tidak memiliki kenalan atau keluarga di Jepang. Maka pilihlah jenis visa nomer 4.

Kedua, persiapkanlah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Jenis visa sangat mempengaruhi daftar dokumen yang perlu disediakan. Adapun dokumen yang diperlukan dalam pengajuan visa kunjungan wisata dengan biaya sendiri, yaitu:

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa yang dapat diunduh di situs kedutaan Jepang (www.id.emb-japan.go.jp/visa) dan pasfoto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm (diambil 6 bulan terakhir, tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas atau tidak buram).
  3. Fotokopi KTP (Surat Keterangan Domisili).
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (jika masih berstatus mahasiswa).
  5. Bukti pemesanan tiket.
  6. Jadwal perjalanan (sejenis itinerary).
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, misalnya kartu keluarga, akta lahir, dan sebagainya (jika pemohon lebih dari satu).
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan, seperti buku tabungan 3 bulan terakhir. Apabila penanggung jawab biaya bukan pemohon (misal, ayah atau ibu), maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan pemohon dengan penanggung jawab biaya.

Pastikan seluruh dokumen tersebut lengkap dan disusun sesuai urutan nomer sebelum diserahkan ke loket. Selain itu, seluruh dokumen harus dicetak (print-out) dalam ukuran kertas A4. Jangan distaples, cukup gunakan klip kertas saja.

Ketiga, pergilah ke Kedutaaan Besar Jepang di Jakarta atau konsulat Jepang sesuai wilayah yuridiksi Anda. Apabila alamat domisili Anda adalah Surabaya, sedangkan Anda bekerja di Jakarta, maka pengajuan visa dilakukan di Konsulat Jepang di Surabaya


Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Tour Jepang? klik di sini


Pengajuan visa biasanya buka dari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur nasional dan libur kedutaan) jam 08.30 – 12.00. Tambahan tips, usahakanlah datang sepagi mungkin untuk menghindari antrean panjang. Sediakan juga air mineral, khawatir antrean yang lama cukup melelahkan bagi Anda.

Keempat, biasanya butuh empat hari sampai visa selesai diproses. Walaupun Anda tidak ditelepon pihak kedutaan, datanglah pada hari keempat. Pengambilan visa buka dari jam 13.30 sampai 15.00. Kemudian bayarlah biaya pembuatannya.

Harga visa per 1 April 2017 untuk Single Entry yakni Rp 370.000. Sedangkan untuk Multiple Entry yaitu Rp 740.000 dan untuk visa Transit sebesar Rp 90.000.

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bagian konsuler, apabila Anda tinggal di Jakarta anda bisa membuat visa jepang di jakarta Thamrin. Harga visa pun dapat berubah sewaktu-waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *