Masjidil Aqsa Qiblat Muslim Pertama

Masjidil Aqsa Qiblat Muslim Pertama

Masjidil Aqsa Qiblat Muslim Pertama 

Masjidil Aqsa Qiblat pertama Muslim
Masjidil Aqsa Qiblat pertama Muslim

dome of the rock palestinaSebagian jamaah umroh biasanya kerap menginginkan perjalanan ke tanah suci yang lebih spesial. Misalnya berkunjung dan berwisata ke negara lain. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan yakni Masjidil Aqsa qiblat muslim pertama. Sebelum kini menghadap Ka’bah, dahulu Rasulullah dan kaum muslimin lainnya beribadah menghadap Masjidil Aqsa di Jerusalem. Sampai akhirnya turun wahyu dari Allah agar kiblat umat Islam berbeda dengan Yahudi. Uniknya, pemindahan kiblat tersebu terjadi ketika kaum muslimin sedang menunaikan shalat di sebuah masjid. Masjid tempat kejadian itu berlangsung sekarang disebut sebagai Masjid Qiblatain (Masjid Dua Kiblat) serta menjadi salah satu tujuan citytours umroh.

Masjidil Aqsa juga pernah menjadi lokasi transit Rasulullah sebelum pergi menuju Sidratul Muntaha saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Selain itu, banyak hadis Rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaannya. Dalam Musnad Imam Ahmad dikatakan bahwa shalat di Masjidil Aqsa senilai pahala 500 shalat. Rihlah ke tempat ini pun terhitung sunnah, tak heran Masjidil Aqsa diberi predikat sebagai masjid termulia ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

dome of the rock palestina

Namun yang perlu Anda perhatikan, Masjidil Aqsa bukanlah sebuah bangunan berkubah emas seperti yang selama ini kita saksikan di berita atau internet. Padahal bangunan berkubah emas itu sejatinya adalah Kubah Ash-Shakhrah (Dome of teh Rock). Sebagian orang lagi beranggapan bahwa Masjidil Aqsa memiliki kubah berwarna keperakan. Bangunan yang dimaksud tersebut lebih tepat disebut sebagai Al-Jami’ Al-Aqsa atau Masjid Qibli.

Masjidil Aqsa sebetulnya merupakan sebuah kompleks yang berisi 60 situs sejarah. Di antara 60 situs tersebut, terdapat 6 buah masjid dan beberapa kubah. Meski begitu, setiap jamaah boleh shalat di mana pun di dalam kompleks Masjidil Aqsa. Sebab kompleks ini dulu merupakan bekas masjid yang dibangun oleh Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, Nabi Daud, hingga Nabi Sulaiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *